Info Gempa: Karangasem Kembali Diguncang Lindu, Kubu Bergetar, BMKG Merespons

Minggu, 05 Februari 2023 – 11:19 WIB
Info Gempa: Karangasem Kembali Diguncang Lindu, Kubu Bergetar, BMKG Merespons - JPNN.com Bali
Ilustrasi gempa yang mengguncang Karangasem dan membikin getar Kecamatan Kubu, terjadi pada Minggu (5/2) pukul 10.40 WITA dengan kekuatan 3.6 SR. Foto: Instagram @bmkgbali

bali.jpnn.com, DENPASAR - Gempa kembali mengguncang Karangasem pada saat semeton Bali tengah menikmati libur akhir pekan, Minggu hari ini (5/2).

Dilansir dari akun instagram BMKG Wilayah III Denpasar, gempa tektonik dengan magnitude 3.6 skala richter (SR) terjadi pada pukul 10.40 WITA.

Hasil analisis BMKG menunjukkan episenter gempa terletak pada koordinat 8.24 LS dan 115.59 BT, tepatnya berada di laut pada jarak 14 km timur laut Karangasem, Bali.

Hiposenter gempa berada pada kedalaman 10 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, lindu yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini memiliki mekanisme pergerakan mendatar (strike slip fault),” ujar Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho.

Dampak gempa berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Kubu sebesar II-III MMI.

Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa seakan-akan ada truk berlalu.

Info gempa terkini: Karangasem Bali kembali diguncang lindu, Minggu hari ini (5/2), Kecamatan Kubu Bergetar, BMKG Merespons
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News