Bali Tidak Kekurangan Pangan, Mangku Pastika: Stop Bergantung Pariwisata

Sabtu, 28 Januari 2023 – 10:21 WIB
Bali Tidak Kekurangan Pangan, Mangku Pastika: Stop Bergantung Pariwisata - JPNN.com Bali
Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Made Mangku Pastika saat memanen cabai di Agro Learning Center Denpasar, kemarin. Foto: ANTARA/Ni Luh Rhismawati.

bali.jpnn.com, DENPASAR - Mantan Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengatakan tidak ada ceritanya masyarakat Pulau Dewata kekurangan pangan.

Menurut Pastika, tanah di Pulau Bali masih cukup dikembangkan untuk sektor pertanian.

"Coba saja pergi ke luar sedikit dari Kota Denpasar, lahan-lahan masih agak luas. Termasuk di kota bisa dikembangkan urban farming," ujar Made Mangku Pastika.

Anggota DPD RI ini menyebut dengan dukungan sentuhan teknologi, dari hasil menanam cabai dapat digunakan untuk menunjang kebutuhan sehari-hari.

"Di dalam pekarangan, kita juga masih bisa bertani, tentu dengan teknologi.

Contohnya saja untuk cabai, termasuk terong dan sayur-sayuran lainnya," kata Pastika saat panen cabai di Agro Learning Center kawasan Cekomaria, Denpasar.

Mantan Kapolda Bali ini memanen cabai bersama sejumlah ibu-ibu dan mahasiswa yang selama ini tekun di bidang pertanian.

"Jika untuk lahan seluas satu area saja kita bisa menanam lebih dari 400 pohon cabai dan setiap pohon menghasilkan 0,5 kilogram. Maka sudah dihasilkan 200 kilogram untuk sekali panen dan cabai bisa dipanen lima sampai tujuh kali," katanya.

Bali sebenarnya tidak akan kekurangan pangan karena lahan pertanian masih sangat luas, mantan Gubernur Mangku Pastika: stop bergantung pada pariwisata
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News