Masjid Al-Hikmah Soka Denpasar: Tanpa Kubah & Menara, Desain Bangunan Seperti Puri

Jumat, 30 September 2022 – 10:20 WIB
Masjid Al-Hikmah Soka Denpasar: Tanpa Kubah & Menara, Desain Bangunan Seperti Puri - JPNN.com Bali
Masjid Al-Hikmah di Jalan Soka Nomor 18, Desa Kesiman, Banjar Kertalangu, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali, yang sepintas terlihat seperti bangunan puri, bukan masjid, karena mengadopsi arsitektur Bali. Foto: ANTARA/Edy M Ya'kub

bali.jpnn.com, DENPASAR - Masjid Al-Hikmah terletak di Jalan Soka Nomor 18, Banjar Kertalangu, Desa Kesiman, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar.

Sepintas masjid ini seperti bangunan puri, bukan masjid.

Pasalnya, nyaris tidak ada kubah atau menara sebagai penanda bangunan masjid.

Justru ukiran khas Bali mengitari pintu gerbang atau gapura hingga dinding luar dan dalam bangunan masjid yang berdiri sejak 1978 silam itu.

Marbot Masjid Al-Hikmah Soka Sauzi mengatakan perubahan pada bangunan mulai terjadi pada 1994 – 1995 dan berubah menjadi seperti sekarang.

“Ada perubahan sedikit, yakni barong di pintu masuk masjid yang diganti bunga teratai, karena simbol makhluk memang tidak boleh ada di tempat ibadah,” ujar Sauzi.

Dilansir dari sejumlah literatur, Masjid Al-Hikmah awalnya hanya sebuah musala kecil yang dibangun oleh H Abdurahman setelah ia mewakafkan tanahnya untuk tempat ibadah.

Musala itu selesai dibangun pada 10 November 1978 di atas lahan seluas 300 meter persegi dengan luas bangunan 200 meter persegi.

Masjid Al-Hikmah Soka Denpasar: Tempat ibadah ini penuh keunikan lantaran tanpa kubah dan menara, desain bangunan seperti puri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News