Sergei Lavrov Pastikan Hadiri Pertemuan Menlu G20 di Bali

Rabu, 29 Juni 2022 – 10:48 WIB
Sergei Lavrov Pastikan Hadiri Pertemuan Menlu G20 di Bali - JPNN.com Bali
Tangkapan layar - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov saat berbicara dalam sebuah konferensi pers di Moskow, Rusia. Foto: ANTARA/XINHUA/am.

bali.jpnn.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dilaporkan bakal menghadiri pertemuan para menteri luar negeri (Menlu) negara-negara G20 di Bali pekan depan.

Juru bicara kedutaan besar (Kedubes) Rusia di Jakarta, Denis Tetiushin, kepada Reuters memastikan bahwa Menlu Rusia Sergei Lavrov akan mengikuti pertemuan para Menlu G20 pada 7-8 Juli 2022.

Invasi Rusia ke Ukraina yang disebut Moskow sebagai operasi khusus, telah membayangi ajang G20 tahun ini.

Beberapa negara Barat mengancam akan memboikot pertemuan para pemimpin G20 kalau Presiden Rusia Vladimir Putin hadir pada pertemuan itu.

Barat menyebut partisipasi Rusia pada acara-acara G20 telah menjadi sumber ketegangan.

Di antara ketegangan yang mengemuka adalah ketika para pejabat Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada melakukan aksi walkout ketika pertemuan ekonomi G20 berlangsung pada April.

Indonesia, sebagai ketua G20, selama ini berupaya untuk mempersatukan para anggota G20.

Presiden Joko Widodo alias Jokowi telah mengundang pemimpin Rusia maupun Ukraina untuk menghadiri KTT G20 pada November di Bali.

Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov memastikan bakal menghadiri pertemuan para Menlu G20 di Bali pekan depan
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News