Istana Kepresidenan Tampaksiring Manfaatkan Energi Bersih

Sabtu, 28 Mei 2022 – 05:54 WIB
Istana Kepresidenan Tampaksiring Manfaatkan Energi Bersih - JPNN.com Bali
Para pekerja membersihkan halaman luar Istana Kepresidenan Tampaksiring, Gianyar. Istana Kepresidenan Tampaksiring mulai memanfaatkan energi bersih sebagai sumber energi. (Facebook Istana Kepresidenan Tampaksiring)

bali.jpnn.com, GIANYAR - Istana Kepresidenan Tampaksiring di Gianyar, Bali, kini beralih menggunakan energi baru terbarukan (EBT).

Hal ini dibuktikan dengan diterbitkannya sertifikat EBT alias REC oleh PT PLN (Persero) mulai Mei 2022 sampai dengan April 2024.

Istana Kepresidenan Tampaksiring membeli 1.221 unit REC yang berlaku selama 24 bulan, yang nilainya mencapai Rp 47 juta.

"Selama masa pembelian REC ini, pelanggan dapat mengklaim bahwa penggunaan listrik berasal dari sumber pembangkit yang berbasis EBT, dan diakui secara internasional," kata Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Bali Timur Andre Pratama Djatmiko di Gianyar, Bali.

Sertifikat Renewable Energy Certificate (REC) yang diterbitkan oleh pihaknya untuk Istana Tampaksiring setara dengan total daya 1.220 megawatt (MW).

Andre menjelaskan kepemilikan sertifikat REC menjadi dasar bagi pelanggan PLN untuk mengklaim bahwa mereka telah beralih menggunakan energi berbasis EBT.

Menurut Andre, REC yang disediakan PLN telah memenuhi standar internasional dan keabsahannya dapat dipertanggungjawabkan.

REC merupakan instrumen yang ditawarkan PLN kepada pelanggan yang membutuhkan pengakuan akan penggunaan energi baru terbarukan.

Istana Kepresidenan Tampaksiring mulai memanfaatkan energi bersih setelah memperoleh sertifikat REC dari PT PLN
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News