GPDRR di Bali Jadi Bukti Dunia Bisa Bersatu saat Konflik Rusia - Ukraina

Jumat, 27 Mei 2022 – 06:48 WIB
GPDRR di Bali Jadi Bukti Dunia Bisa Bersatu saat Konflik Rusia - Ukraina - JPNN.com Bali
Tiga delegasi berbincang sebelum diskusi panel pada Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di Nusa Dua, Bali, Kamis (26/5/2022). Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nym.

bali.jpnn.com, NUSA DUA - Ajang Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, membuktikan dunia bisa bersatu membahas isu kebencanaan di tengah konflik antara Rusia dan Ukraina.

Diplomat senior Kementerian Luar Negeri RI Febrian A. Ruddyard mengatakan bencana merupakan isu kemanusiaan yang dapat mengesampingkan adanya konflik dan perbedaan pandangan politik.

GPDRR ini adalah one of the few meetings (satu dari sedikit pertemuan) yang bisa mengesampingkan berbagai hal dan bisa konsentrasi pada isu kemanusiaan,” kata Febrian A. Ruddyard.

Wakil Tetap Indonesia di PBB ini meyakini penyelenggaraan GPDRR menjadi contoh yang baik menyatukan sikap dunia dalam menghadapi berbagai tantangan global.

“Di tengah dunia yang saat ini cenderung terbelah, ikut (kubu) sana dan (kubu) sini, (GPDRR) ini menunjukkan untuk isu kebencanaan yang sangat kental dengan nilai kemanusiaannya, dunia masih bersatu,” ujar Febrian.

Febrian A. Ruddyard menjelaskan isu bencana merupakan masalah dan tanggung jawab bersama terlepas dari posisi, status dan pekerjaannya.

“Isu kebencanaan ini everybody’s business dan everybody’s responsibility,” bebernya.

GPDRR 2022 merupakan agenda tahunan PBB dihadiri lebih dari 7.000 delegasi dari 193 negara.

GPDRR di Nusa Dua, Bali menjadi bukti dunia bisa bersatu saat Konflik Rusia - Ukraina masih terjadi sampai saat ini
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News