MES Bali Dukung UMKM Berbasis E-Commerce, Siap Dampingi Produksi hingga Pemasaran

Minggu, 28 November 2021 – 20:15 WIB
MES Bali Dukung UMKM Berbasis E-Commerce, Siap Dampingi Produksi hingga Pemasaran - JPNN.com Bali
Pengurus MES Wilayah Bali resmi dilantik menjelang Silaturahmi Kerja Wilayah (Silakwil) ke-1 di Grand Bali Beach Hotel, Sanur, Denpasar, Minggu (28/11). (Sentot Prayogi/JPNN.com)

bali.jpnn.com, DENPASAR - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) wilayah Bali akan melakukan sejumlah langkah konkret dan proaktif dalam mendukung pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Bali.

Komitmen tersebut terlontar setelah kepengurusan MES Wilayah Bali resmi dilantik sebelum menggelar Silaturahmi Kerja Wilayah (Silakwil) ke-I, Minggu (28/11).

Sekretaris 7 MES Pusat, Muhammad Bagus Teguh Perwira mewakili Ketua Umum yang juga Menteri BUMN Erick Thohir melantik struktur kepengurusan MES Bali di Hotel Grand Bali Beach, Sanur, Denpasar.

Ketua MES Bali terpilih,  Pinto Wahyudi menegaskan, akan menggerakkan 91 orang pengurus MES Bali yang baru saja dilantik untuk merealisasikan program MES Indonesia yang concern pada pemberdayaan perekonomian sektor riil.

"Yang utama kami sasar nantinya adalah kalangan pelaku UMKM di Bali, yakni berupa pembinaan dan pendampingan," sebut Pinto Wahyudi.

Kontribusi konkret ini, menurut Pinto Wahyudi, tidak hanya terbatas kalangan pelaku UMKM Muslim, tetapi juga menjangkau pelaku UMKM lainnya di Bali.

Ini juga menurutnya sejalan dengan kampanye MES Indonesia yang digawangi Erick Thohir, untuk menanggalkan dikotomi kalangan agama tertentu dalam jangkauan pemberdayaan yang dilakukan MES.

Pinto menjelaskan, pemberdayaan kalangan pelaku UMKM di Bali akan fokus pada tiga hal.

MES Bali dukung UMKM berbasis E-Commerce bahkan siapkan program pendampingi produksi, sertifikasi halal, hingga pemasaran digital