Jaringan Internet Jatim, Bali Hingga Papua Melambat, Telkom Ungkap Penyebabnya

Senin, 20 September 2021 – 14:21 WIB
Jaringan Internet Jatim, Bali Hingga Papua Melambat, Telkom Ungkap Penyebabnya - JPNN.com Bali
Ilustrasi layanan internet. Foto: Antara

bali.jpnn.com, DENPASAR - Pelanggan layanan fixed broadband Indihome dan mobile broadband Telkomsel mengeluh internet mereka melambat sejak Minggu (19/9) pukul 17.33 WIB.

Bahkan, Indihome dan Telkomsel hingga siang ini menjadi topik terhangat (trending topic) di media sosial Twitter.

Pihak Telkomsel dalam keterangannya mengatakan, gangguan layanan ini terjadi di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

Gangguan hanya berakibat pada layanan internet, sementara layanan telepon dan SMS masih berfungsi normal.

Setelah mengidentifikasi permasalahan, Telkomgroup segera mengatasi masalah kabel laut yang menyebabkan gangguan internet pada layanan Indihome dan Telkomsel sejak kemarin.

"Sejak terjadinya gangguan kemarin malam, kami segera melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam termasuk penambahan kapasitas beberapa link

di wilayah Indonesia seperti dari Papua, Kalimantan, Jawa, Bali dan Nusra dan mengoptimalkan gerbang internasional di Manado,” ujar Wakil Direktur Komunikasi Perusahaan Telkom, Pujo Pramono.

Pujo Pramono mengklaim, langkah ini diambil agar layanan interet segera kembali normal dan digunakan pelanggan seperti sediakala.

Pihak Telkomgroup mengungkap penyebab gangguan layanan internet di kawasan Pulau Jawa, Bali, Nusra hingga Papua. Telkom ada masalah di jaringan kabel laut