Meski Suplai dari Paiton Masih Aman, Badung Segera Bangun PLTHS

Kamis, 27 Januari 2022 – 12:45 WIB
Meski Suplai dari Paiton Masih Aman, Badung Segera Bangun PLTHS - JPNN.com Bali
Sekretaris Daerah Badung I Wayan Adi Arnawa. Foto: ANTARA/HO-Pemkab Badung

bali.jpnn.com, BADUNG - Bali mulai memikirkan alternatif lain sebagai sumber listrik.

Pemkab Badung, Bali, dalam waktu dekat segera mebangun Pembangkit Listrik Tenaga Hidro Statis (PLTHS) yang merupakan energi terbarukan dan ramah lingkungan. 

"Bagaimanapun juga saat ini kebutuhan listrik di Bali masih dipenuhi dari pembangkit listrik di Paiton. Sebaiknya Bali mandiri energi. Mungkin ada suatu teknologi terbarukan yang bisa membantu Bali," Sekretaris Daerah Badung I Wayan Adi Arnawa dalam keterangannya di Mangupura, Kamis (27/1). 

Ia berharap PLTHS bisa diujicoba dan dibuatkan percontohan dulu di kawasan Pusat Pemerintahan Badung yang setiap bulannya menghabiskan dana sekitar Rp 600 juta untuk biaya pemakaian listrik. 

"Ini dicoba untuk menyuplai listrik di area pusat pemerintahan dulu, apabila setengah saja kebutuhan listrik yang kami butuhkan bisa terpenuhi, berarti energi ini terbukti. Kami di Badung sangat membutuhkan ini karena eco friendly dan sangat efisien," katanya. 

Sekda Adi Arnawa menjelaskan nantinya Badung bisa menjadi pilot project PLTHS sepanjang energi Pembangkit Listrik Tenaga Hidro Statis mampu menjawab kebutuhan energi listrik agar Badung bisa mandiri dengan teknologi baru itu.

Selain itu, Pemkab Badung juga akan melakukan rapat internal untuk menjawab pembangkit listrik tenaga terbaru tersebut. 

Pihaknya juga akan menjadwalkan tim untuk turun melihat demonstrasi produk di kawasan Pecatu, Badung.

Meskipun suplai listrik dari Paiton masih aman, Pemkab Badung telah berencana untuk segera membangun PLTHS
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News