Bali Inspirasi Kalsel Tangani Stunting dan Wasting, Ini Hasil Konsultasi Singkat dengan Cok Ace

Sabtu, 15 Januari 2022 – 10:31 WIB
Bali Inspirasi Kalsel Tangani Stunting dan Wasting, Ini Hasil Konsultasi Singkat dengan Cok Ace - JPNN.com Bali
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati saat menyerahkan cinderamata kepada Wagub Kalimantan Selatan H Muhiddin di Denpasar, Jumat (14/1). Foto: ANTARA/HO-Pemprov Bali.

bali.jpnn.com, DENPASAR - Rupanya Bali terbilang cukup sukses untuk penanganan masalah stunting dan wasting.

Hal tersebut akhirnya yang mendasari Pemprov Kalimantan Selatan untuk datang ke Pemprov Bali untuk mengetahui cara menurunkan angka kasus stunting dan wasting di Bali sehingga menjadi yang terendah di Indonesia.

"Atas arahan dari BKKBN yang memuji kinerja Bali, maka saya pun berkunjung ke sini dan ingin belajar langsung," kata Wakil Gubernur Kalimantan Selatan H Muhiddin saat menemui Wagub Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati di Denpasar, Jumat (14/1). 

Stunting merupakan tinggi badan yang rendah, sedangkan wasting adalah berat badan yang rendah atau menurun di bawah rentang normal. 

Provinsi Kalsel selama ini menduduki posisi ke-28 tingkat stunting (tinggi badan rendah-red) di Indonesia.   

Pihaknya terus berupaya menekan angka tersebut, namun keberhasilan daerah lain tentu juga patut dicontoh untuk mempercepat program pencegahan serta penuntasan masalah stunting di Kalimantan Selatan

Menjawab hal itu, Cok Ace, sapaan akrab Wagub Bali ini menyampaikan apresiasi serta mengatakan bahwa Bali selalu menganut sistem integrasi hingga tingkat desa bahkan banjar dalam setiap programnya. 

Begitu juga dengan penanganan stunting dan wasting, tidak lepas dari peran pemerintah desa dan desa adat hingga banjar sehingga permasalahan bisa cepat terselesaikan.

Bali menjadi inspirasi Kalsel dalam mengangani masalah stunting dan wasting, ini hasil konsultasi singkat dengan Cok Ace